Tips Membeli Aki Mobil yang Tepat - Dalam hal menentukan sebuah aki mobil yang cocok, tentunya ada banyak cara dalam memilihnya dari segi dan kualitasnya. Tentu akan semakin mudah jika sudah banyak tau tentang aki, namun sebaliknya akan terasa gampang-gampang susah bagi yang belum memiliki pengalaman mengenai aki mobil. Untuk itu, demi menghindari salah dalam memilih aki mobil, di tulisan ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips memilih aki mobil agar anda tidak salah pilih atau tertipu akan aki bekas yang tampak seperti baru.

Sebelum anda membeli aki baru, ada kiranya anda harus mengetahui hal-hal berikut:

1. Hindari pembelian aki mobil rekondisi

Sebisa mungkin anda harus menghindar pembelian aki mobil rekondisi / aki mobil bekas. Aki mobil rekondisi ini didapat dari hasil daur ulang aki hasil tukar tambah aki mobil baru. Terkadang ada yang menjual aki rekondisi dengan harga yang sama dengan aki mobil baru. Artinya disini adalah mengandung unsur penipuan atau pemalsuan barang. Memang kita jarang menjumpai akan penjual seperti tersebut, namun alangkah lebih baiknya jika adanya tindakan pencegahan dari kita sendiri.

2. Menentukan tipe aki mobil yang kering atau yang basah

Disini, untuk aki mobil yag tipe kering memiliki performa yang lebih bagus dari pada aki mobil jenis basah. Akan tetapi, aki tipe kering memiliki kelemahan tidak tahan terhadap panas serta pasaran harga yang lebih mahal dari pada yang basah. Lebih mahal namun lebih awet bisa juga dijadikan bahan pertimbangan.

3. Kapasitas Pada Aki

Untuk setiap jenis aki baik itu kering ataupun basah memiliki kapasitas atau ukuran yang berbeda-beda. Perhatikanlah pada bagian ampernya, ukuran, dimensi, serta tegangan yang dimiliki. Saat membeli sebuah aki untuk mobil anda, pastikanlah kapasitas serta tegangannya sama dengan ukuran standart yang dipakai pada mobil anda. Perlu diingat, apabila tegangan aki lebih besar dari kapasitas standart komponen kelistrikan mobil anda, bisa menyebabkan kerusakan komponennya.

4. Merek Aki Mobil

Banyak sekali beredar bermacam merek aki di toko jual aki mobil seperti halnya merek: Acdelco, Amaron, Delkor, Dryfit, G-Force, Global, Hyundai, serta yang paling banyak dikenal masyarakat adalah GS dan Yuasa. Dua merek tersebut sudah dikenal akan kualitas serta keawetannya.

5. Garansi Aki yang jelas


Sebelum melakukan transaksi pembayaran akan pembelian aki mobil di penjual, anda jangan lupa untuk memastikan akan garansi dari aki mobil tersebut. Mintalah sebuah bukti berupa pancantuman di nota pembelian bahwa adanya garansi dalam sekian hari apabila ada kerusakan akan diganti dengan yang baru dan bukan perbaikan.

Demikian tips2 dalam memilih sebuah aki yang berkualitas. Untuk anda yang mencari aki mobil baru, saya memberikan sebuah referensi akan situs jual aki mobil online yang sudah terpercaya. www.rajaaki.com merupakan sebuah situs online yang memberikan penawaran akan berbagai macam tipe dan merk aki mobil serta memberkan pelayanan yang baik untuk anda.